Monday 2 May 2016

Liburan Murah ke Pulau Pahawang. Kuy!


Klik di sini untuk Liburan Murah ke Pulau Pahawang
Liburan Murah ke Pulau Pahawang

infobacktravel.blogspot.comLiburan Murah ke Pulau Pahawang. Kuy! Lampung patut berbangga karena memiliki salah satu tempat wisata terindah di Indonesia, yaitu Pulau Pahawang. Pulau Pahawang merupakan sebuah pulau yang terletak di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. Pulau ini terbagi menjadi dua yakni Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Pulau Pahawang mempunyai enam dusun, yakni Suakbuah, Penggetahan, Jeralangan, Kelompok, Pahawang dan Cukuhnyai dengan penghuni sebanyak 1. 533 jiwa. Di sekitar Pulau Pahawang terdapat banyak pulau, seperti Pulau Pahawang Kecil, Pulau Gosong, Pulau Kelagian, serta Pulau Pahawang Besar.

Di sini terdapat banyak "spot snorkeling", termasuk di antaranya spot kapal nelayan yang karam yang telah menjadi tempat persembunyian ikan serta hewan laut lain. Di pantai Pahawang, ciri yang dapat dikenali adalah keberadaan batu besar yang dikenal dengan sebutan batu Mandi berada di titik tengah dari laut Pahawang Island. Sobat dan keluarga tidak perlu menyelam untuk melihat ikan-ikan kecil dan tanaman laut di laut pulau yang kece badai ini. Dari bibir laut saja, sobat backpacker dan keluarga sudah dapat menikmati keindahan flora dan fauna dari pulau yang satu ini.

Lokasi Pahawang Island 


Kawasan Pantai Pahawang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bandar Lampung sehingga bila sobat backpakcer tidak ingin menginap, sobat bisa melakukan perjalanan pergi pagi dan pulang pada sore/malam harinya. Rute yang dilalui adalah Bandar Lampung-Lempasing-Mutun-Hanura-Pantai Ketapang-Pulau Kelagian dan Pulau Pahawang. Waktu tempuh perjalanannya sendiri cukup memakan waktu dua jam dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Klik untuk Melihat Ikan Badut di Pahawang
Ikan Badut di Pahawang

Bagi sobat backpacker yang berangkat dari pulau Jawa khususnya Jakarta, berikut rute yang dapat sobat tempuh:
  1. Dari Pelabuhan Bakauheni, ikuti petunjuk jalan menuju kota Bandar Lampung. Waktu perjalanan kurang lebih 2 jam.
  2. Setelah sampai di Kota Bandar Lampung, sobat dapat menuju ke Pantai Klara yang ada di Kabupaten Pesawaran terlebih dahulu. Pantai tersebut merupakan titik penyeberangan ke Pantai Pahawang. Waktu tempuh dari pusat kota Bandar Lampung ke Pantai Klara sekitar 70 hingga 90 menit perjalanan. 
  3. Ikuti petunjuk jalan menuju Telukbetung atau Padang Cermin. Ada banyak jalan menuju Telukbetung atau Padang Cermin, cobalah untuk bertanya kepada penduduk setempat.
  4. Apabila sudah sampai Pelabuhan Perikanan Lempasing, sobat backpacker dapat sedikit lega karena jalan ke tempat tujuan sudah tidak membingungkan lagi.
  5. Terus ikuti jalan, sobat akan melewati beberapa tempat wisata lain di Lampung, seperti Pantai Puri Gading, Pantai Duta Wisata, dan Pantai Mutun.
  6. Setelah sampai di Pasar Padang Cermin, ambil jalan ke kiri. Disini ada petunjuk arah menuju Punduh Pidada atau Teluk Ratai
  7. Terus ikuti jalan sampai sobat backpacker menemukan semacam gapura bertuliskan Pantai Ratai/Teluk Ratai. Berhenti dan parkirkan kendaraan sobat disini. 
  8. Dari titik ini, Sobat backpacker harus menyewa perahu untuk dapat menuju ke Pahawang. 1 perahu maksimal berkapasitas 12 orang. Biaya sewa perahu berkisar antara 300 - 500 ribu tergantung pada tingkat keramaian pengunjung.
  9. Perjalanan menggunakan perahu memakan waktu kurang lebih 30 menit. Setelah itu, sobat akan sampai di destinasi utama sobat. Enjoy!


Jarak tempuh Pulau Pahawang Kecil kurang lebih sekitar sepuluh menit dari Pulau Pahawang Besar. Kebanyakan para wisatawan menginap di penginapan Pahawang Besar karena di pulau tersebutlah sebagian besar penduduk setempat tinggal. Sebaiknya sobat backpacker membawa makanan dan minuman bila akan berkunjung ke pulau ini untuk bekal selama di perjalanan. Bila tidak menyiapkan bekal makanan sendiri, tenang saja, sobat backpacker dapat memesan makanan dari penduduk di pulau tersebut.

Wisata di Pulau Pahawang Lampung

Klik untuk Melihat Snorkeling di Pantai Pahawang
Snorkeling di Pantai Pahawang
Pulau yang terletak di Lampung ini menyimpan banyak keindahan. Pemandangan yang indah,  pasir pantai yang berwarna putih, bukit pepohonan yang hijau, air laut yang jernih dan segar dapat sobat backpacker nikmati. Selain itu, di Pulau Pahawang Kecil terdapat satu jembatan alami yang disebut dengan Tanjung Putus. Tanjung Putus menghubungkan antara Pulau Tanjung Putus dengan Pulau Pahawang Kecil. Tanjung Putus hanya dapat terlihat saat air laut surut karena saat air laut pasang, jembatan alami ini akan terendam air. Kawasan Tanjung Putus juga merupakan salah satu spot menyelam favorit bagi para pecinta snorkeling. Yup! Untuk anda yang hobi snorkeling, Pulau Pahawang adalah destinasi wisata yang sangat tepat. Keindahan bawah laut di sekitar Pulau Pahawang masih sangat alami dan bersih, jarang ditemukan sampah-sampah ataupun polusi yang menodainya. Adapun biaya sewa peralatan snorkeling di Pantai Pahawang adalah sekitar 50 sampai 60 ribu rupiah.

Nah itu tadi sedikit keseruan yang bakal kalian temukan di Pulau Pahawang. So, tunggu apalagi kawan. Ambil ransel mu dan mulai lah selfie di bawah laut! Happy backpacking!

Artikel Terkait

Liburan Murah ke Pulau Pahawang. Kuy!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

5 comments

13 May 2016 at 14:33 delete

kalau ada kesempatan next liburan mau ahhh main2 kemarihh... thanks gan infonya

cara menghilangkan jerawat

Reply
avatar
13 May 2016 at 21:42 delete

yup, semoga bisa kesampaian ya liburan ke Pulau Pahawangnya

Reply
avatar
31 October 2016 at 23:11 delete

Rincian biaya berapa bang ?

Reply
avatar
14 November 2016 at 23:05 delete

haloo. budget total sekitar IDR 600.000 utk 3 hari 2 malam berangkat dari Jakarta.

Reply
avatar