Tuesday 3 May 2016

Ini Nih Maldives nya Indonesia. Karimun Jawa!

Klik untuk melihat Maldives nya Indonesia Krimun Jawa
Maldives nya Indonesia Krimun Jawa

infobacktravel.blogspot.com - Ini Nih Maldives nya Indonesia. Karimun Jawa! Ingin berlibur ke pantai yang memiliki perairan jernih dan pasir putih lembut bak di Maladewa, kini sobat backpacker tidak harus benar-benar berkunjung ke negeri tersebut. Sebab, di Indonesia tercinta pun sebetulnya memiliki ribuan pantai indah nan eksotis, salah satunya Karimun Jawa. Tempat wisata tersebut merupakan kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara. Lebih jauh, lokasi wisata indah ini terdiri atas gugusan 27 buah pulau (namun hanya 5 pulau yang berpenghuni) yang memiliki tipe ekosistem hutan hujan dataran rendah, padang lamun, algae, hutan pantai, hutan mangrove, dan terumbu karang.

Lokasi Pulau Karimunjawa

Sebagai lokasi kepulauan, tempat wisata Jepara yang satu ini tentunya harus di tempuh menggunakan jalur laut. Terdapat tiga opsi kapal laut yang dapat sobat backpacker gunakan untuk mencapai tempat wisata ini. Tiga opsi kapal tersebut adalah kapal Bahari Expres, kapal motor cepat Kartini, dan kapal motor penumpang Muria. Masing-masih pilihan kapal tersebut memiliki waktu tempuh yang berbeda untuk menuju ke pulau karimunjawa

  1. Kapal Bahari Expres  : 2 jam perjalanan dari Pelabuhan Kartini
  2. Kapal Motor Kartini : 6 jam perjalanan
  3. KM Cepat Kartini : 4 jam perjalanan dari Pelabuhan Kartini


Selain kapal di atas, untuk menuju pulau karimunjawa, sobat juga bisa menggunakan Kapal Muria dari Pelabuhan Kartini. Kapal ini berangkat setiap 2 dua hari sekali. Jadwal kapal dari pelabuhan di Jepara biasanya berangkat hari Selasa, Kamis, Sabtu jam 9 pagi dan dari Karimunjawa menuju Jepara setiap hari Rabu, Jumat, Minggu jam 8 pagi.

Baca juga : Liburan Murah ke Pulau Pahawang

Apabila sobat ingin berangkat dari kota ini, untuk menuju ke pelabuhan Kartini,  sobat bisa menggunakan becak dari terminal Jepara dengan ongkos kisaran 20 ribu rupiah. Dari Jepara ada 2 alternatif penyebrangan menuju Kepulauan Karimunjawa, yaitu menggunakan Fast boat Express Bahari 2C atau Kapal Ferry KMP Siginjai. Berikut jadwal perjalanan dan detail akomodasi kedua kapal tersebut:

Express Bahari

Kapasitas : 350 penumpang
Lama penyebrangan : Jepara - Karimunjawa (2 jam)
Keberangkatan : Pelabuhan Kartini Jepara
Informasi dan pemesanan ticket : 
Express bahari cabang Jepara (08.00-16.00) telphone 0291-592999
Kelas Executive : Rp. 150.000
kelas VIP : Rp. 175.000


Klik untuk Melihat Jadwal Kapal Express Bahari
Jadwal Kapal Express Bahari


KMP Siginjai

Kapasitas : 400 penumpang
Lama penyebrangan : Jepara - Karimunjawa (4  -5 jam)
Keberangkatan : Pelabuhan Kartini Jepara
Informasi dan pemesanan ticket : 
ASDP cabang Jepara (08.00-16.00) telphone 0291-591048
Kelas Bisnis : Rp. 44.000
kelas VIP : Rp. 94.000

Klik untuk Melihat Jadwal Kapal  Siginjai
Jadwal Kapal  Siginjai


Selain berangkat dari pelabuhan di Jepara, sobat backpacker juga dapat berangkat dari pelabuhan di Semarang, yaitu dari Pelabuhan Tanjung Emas. Dari pelabuhan tersebut, untuk dapat menuju Karimun Jawa, terdapat KMC Kartini I (kapal cepat) berangkat setiap Sabtu pukul 9 pagi dan kembali dari Karimunjawa setiap Minggu siang, lama penyebrangan berkisar antara 2 sampai 3 jam.

Klik untuk Melihat Pesawat ke Karimunjawa
Pesawat ke Karimunjawa

Disamping menggunakan jalur laut menaiki kapal ke Karimunjawa, sobat backpacker juga dapat menggunakan opsi menaiki pesawat terbang. Pada dasarnya, memang transportasi menggunakan pesawat menuju kepulauan tersebut kurang familiar, bisa jadi karena harganya yang lebih mahal di banding naik kapal laut. Adapun maskapai yang melayani destinasi pulau Karimunjawa adalah maskapai Merpati Airlines, Sky Aviation, dan Wings air dari Bandara Ahmad Yani, Semarang menuju Bandara Dewandaru. Waktu tempuhnya sendiri lumayan singkat, yakni 30 menit saja.

Berbagai Keseruan di Karimunjawa

Setibanya sobat backpacker di pulau Karimunjawa, sobat bisa menjelajahi pulau tersebut plus pulau Kemujan via darat dengan menyewa sepeda/motor/mobil. Yup, di sini memang ada tempat penyewaan berbagai macam kendaraan. Asyiknya lagi, kedua pulau tersebut dihubungkan dengan jembatan sehingga memungkinkan untuk di jelajahi. Secara umum, kegiatan dan keseruan yang bisa kalian lakukan di sini adalah menjelajahi Pulau Menjangan Kecil, Menjangan Besar, Tanjung Gelam, Legon Lele, Genting, Kembar, Parang, Cemara dan Krakal. Selain berjelajah, sobat juga bisa berwisata bahari seperti berlayar, selancar air, ski air, berenang, berjemur di pantai pasir putih, berkemah, wisata budaya, pengamatan rusa dan burung serta menyelam/snorkeling. Adapun rate harga transportasi darat di Karimun Jawa adalah sbb:

1        2

Artikel Terkait

Ini Nih Maldives nya Indonesia. Karimun Jawa!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 comments:

27 May 2019 at 10:46 delete

indonesia sangat luas, karimun jawa, pulo cinta merupakan maldives nya indonesia

Reply
avatar