Saturday 4 June 2016

Panduan Wisata Pulau Tidung Ala Backpacker Indonesia

infobacktravel.blogspot.com - Apabila sobat backpacker Indonesia adalah warga Jakarta maka wisata Pulau Tidung bisa menjadi alternatif liburan seru kamu. Selain karena letaknya yang masih berada di provinsi DKI Jakarta, yang berarti dekat, Pulau Tidung juga memiliki panorama lautan yang indah.

Memang sebetulnya ada banyak pilihan tempat wisata di kawasan kepulauan seribu. Ada banyak pilihan pulau di Kepulauan Seribu yang indah mempesona. Namun, tak ada salahnya jika memulai berwisata ke Pulau Tidung. Ber wisata ke Pulau Tidung relatif mudah karena sudah banyak akomodasi di pulau ini.

Seputar Wisata Pulau Tidung 

Klik untuk info Wisata Pulau Tidung Ala Backpacker Indonesia
Wisata Pulau Tidung Ala Backpacker Indonesia
Sumber: pulautidung-indonesia.com
Pulau Tidung merupakan salah satu pulau diantara banyak gugusan pulau di kawasan kepulauan seribu. Pulau ini memiliki luas sekitar 109 hektar dan terdiri atas dua pulau besar. Kedua pulau besar utama ini dinamakan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Perbedaan kedua pulau yang ada di Pulau Tidung ini adalah pada fungsinya.

Di Pulau Tidung Besar, fungsinya untuk pemukiman dan aktivitas sehari-hari warga setempat. Melakukan wisata Pulau Tidung, pastinya kalian akan menginap di Pulau Tidung Besar. Sebab, segala macam akomodasi dan fasilitas umum hanya tersedia di Pulau Tidung Besar. Bermacam akomodasi dan fasilitas tersebut, misalnya penginapan, sekolah, klinik, dan pasar.

Berlanjut ke pulau berikutnya, yakni Pulau Tidung Kecil. Pulau ini merupakan pulau terpisah dengan Pulau Tidung Besar, tetapi dihubungkan oleh jembatan yang eksotis. Fungsi dari Pulau Tidung Kecil ini adalah untuk kawasan hutan bakau yang berguna untuk menahan abrasi dari air laut. Nah wisata Pulau Tidung menawarkan keindahan Pulau Tidung Kecil untuk di eksplor.

Mengeksplor Pulau Tidung Kecil adalah hal yang menarik kala berwisata Pulau Tidung. Sebab, Pulau Tidung Kecil tak berpenghuni sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat bersantai.

Transportasi dan Akomodasi Wisata Pulau Tidung

Hal pertama yang mesti dipikirkan dalam rangka wisata Pulau Tidung adalah bagaimana cara menuju ke sana. Sobat backpacker Indonesia bisa menggunakan kapal kayu dari Muara Angke. Opsi lainnya yang juga memakan biaya yang lebih mahal adalah menggunakan speed boat dari Pantai Marina Ancol.

Untuk transportasi di Pulau Tidung, apabila kalian lelah berjalan kaki, terdapat penyewaan sepeda di sini dengan harga yang backpacker Indonesia banget. Cukup dengan Rp 15.000 kalian bisa menikmati wisata Pulau Tidung dengan menggunakan sepeda.

Klik untuk info Penginapan Wisata Pulau Tidung
Penginapan Wisata Pulau Tidung
Sumber: travelwisatapulauseribu.com
Nah terkait dengan penginapan di Pulau Tidung, ada banyak sekali opsi tempat menginap yang tentunya berada di Pulau Tidung Besar. Kalian bisa memilih menginap di rumah warga atau homestay. Fasilitas di homestay ini pun terbilang lengkap karena di lengkapi dengan pengingin ruangan.

Seringkali juga, pemilik homestay juga menyediakan paket menginap sekaligus konsumsi 3x sehari. Lebih baik ambil paket yang termasuk makan tersebut apabila wisata ke Pulau Tidung. Dengan sudah termasuk makan 3x sehari, kalian tak perlu repot-repot mencari kebutuhan perut kalian.

Rata-rata harga penginapan di Pulau Tidung berkisar anatara Rp 300.000 hingga Rp 800.000 per kamar per malamnya. Satu kamar dapat menampung hingga 8 orang.


Aktivitas Wisata Pulau Tidung

Sebagai kawasan kepulauan, tentunya Wisata Pulau Tidung menawarkan aktivitas-aktivitas seru di laut. Pulau Tidung sendiri terbilang meiliki kawasan laut yang cukup bersih dan indah, cocok dipakai menyelam dan snorkeling. Namun tentunya, wisata Pulau Tidung tak hanya menawarkan eksotisme laut saja.

Ada apa saja yang bisa dilakukan? yuk kita simak

Bermain Air Saat Wisata Pulau Tidung

Opsi pertama terkait aktivitas yang kalian lakukan di Pulau Tidung adalah bermain air. Tenut bermain air yang dimaksud bukan sekedar nyemplung ke laut ya. Bermain air yang dimaksud di sini adalah melakukan aneka macam permainan di laut.

Klik untuk info Banana Boat Pulau Tidung
Banana Boat Pulau Tidung
Sumber: blog.hulaa.com
Permainan yang ditawarkan saat wisata Pulau Tidung, misalnya mendayung kano, menaiki jetski, hingga banana boat. Harga untuk bermain banana boat cukup murah di kantong, yakni sebesar Rp 30.000 per orangnya.

Karakteristik ombak di Pulau Tidung tergoong tenang. Oleh karena itu, opsi lainnya adalah kalian bisa sekedar berenang bersama teman-teman kalian.

Snorkeling dan Diving di Pulau Tidung

Kegiatan yang mensti kalian coba saat berwisata ke Pulau Tidung adalah snorkeling dan diving. Pulau Tidung memiliki keindahan bawah laut yang juga tak kalah bagusnya dengan di Pulau Menjangan Bali

Dengan aneka ragam koral yang berwarna-warni serta beragamnya jenis spesies biota laut, menjadikan snorkeling dan diving saat berwisata ke Pulau Tidung semakin seru. Cocok juga untuk kalian backpacker Indonesia yang belum terlalu ahli dalam melakukan olahraga air ini.

Klik untuk info Snorkeling Wisata Pulau Tidung
Snorkeling Wisata Pulau Tidung
Sumber: hiqmantour.com
Untuk melakukan snorkeling, kalian perlu menyewa peralatan snorkeling yang banyak disediakan oleh pengelola. Wisata Pulau Tidung menawarkan harga sebesar Rp 35.000 per orangnya untuk penyewaan alat snorkeling. Harga tersebut belum termasuk sewa kapal. Untuk tarif sewa kapal, harga yang dipatok adalah Rp 300.000 per kapalnya.

Satu kapal dapat diisi hingga 10 orang. Jadi, apabila ingin lebih murah, usahakan menyewa kapal berbarengan dengan orang lain, yang terpenting bisa sampai dibagi 10 orang sehingga kalian hanya perlu merogoh kocek Rp 30.000 untuk patungan sewa kapal.

Selain snorkeling, wisata Pulau Tidung juga menawarkan pengalaman melakukan diving atau menyelam. Tak perlu bingung membawa peralatan menyelam sendiri karena di Pulau Tidung pun sudah disediakan sewa peralatan menyelam. Tarif yang dipatok untuk tabung dan baju menyelam adalah Rp 300.000 per orangnya. Cukup terjangkau bukan.


Menjelajahi Pulau Tidung

Puas bermain di laut, sekarang saatnya bagi sobat backpacker Indonesia untuk menjelajahi setiap inci Pulau Tidung. Kalian bisa melakukan trekking dengan berjalan kaki. Atau jika merasa lelah, bisa juga menyewa sepeda dengan merogoh kocek sebesar Rp 15.000. Catatan penting, hati-hati tersasar di Pulau Tidung karena jalannya kecil dan banyak persimpangan.

Nah saat menjelajahi Pulau Tidung, jangan lupa untuk berkunjung ke Jembatan Cinta. Jembatan Cinta ini merupakan jembatan yang populer dan menjadi ikon Pulau Tidung. Jembatan ini mudah untuk kalian temukan karena merupakan penghubung antara Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil.

Klik untuk info Sunset Jembatan Cinta Pulau Tidung
Sunset Jembatan Cinta Pulau Tidung
Sumber: anekatempatwisata.com
Wisat Pulau Tidung menawarkan pengalaman seru saat di Jembatan Cinta ini guys. Pasalnya, dari Jembatan Cinta kita bisa melihat pesona matahari terbenam saat sore hari. Bila merasa bosan hanya duduk dan memandangi pemandangan di Jembatan Cinta, kalian bisa mencoba melompat dari jembatan ini untuk kemudian berenang. Memang sudah biasa untuk melompat dari atas Jembatan Cinta Pulau Tidung ini dan pastinya seru karena memacu adrenalin.

Wisata Pulau Tidung juga menawarkan pengalaman menjelajahi lautan sekitar kepulauan seribu. Kalian bisa menyewa perahu nelayan dengan harga sekitar Rp 400.000 untuk menjelajah area laut pulau seribu, mampir ke pulau lainnya, atau bisa juga melakukan olahraga memancing.

Tips Wisata Pulau Tidung

Untuk sobat backpacker Indonesia yang berencana mengunjungi salah satu tempat wisata di Indonesia yang recommended ini, ada baiknya kalian merencanakan untuk berkunjung di saat bulan April - Oktober. Pasalnya, cuaca di bulan tersebut cenderung cerah sehingga kalian akan terhindar dari yang namanya badai saat di laut.

Bila kalian ingin membawa buah tangan alias oleh-oleh dari Pulau Tidung ini, berkunjunglah saat bulan September - Oktober. Pada bulan ini, wisata Pulau Tidung menawarkan oleh-oleh khas kawasan ini, yakni manisan buah cermai. Harganya terjangkau banget, yakni Rp 5.000 untuk manisan cermai di dalam bungkusan dan Rp 15.000 untuk yang dikemas di dalam toples.

Bagaimana teman-teman? tertarik untuk melakukan wisata Pulau Tidung dong pastinya. Jangan lupa juga untuk membawa dan memakai sunblock ya karena daerah kepulauan pasti memiliki matahari yang menyengat dan bikin kulit jadi hitam. Yuk segera melakukan travel seru ke Pulau Tidung, masih satu provinsi loh sama DKI Jakarta! Simak juga Backpacker Ke Taman Nasional Baluran, Afrika nya Indonesia.

Artikel Terkait

Panduan Wisata Pulau Tidung Ala Backpacker Indonesia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 comments

5 March 2022 at 22:20 delete

TiTi Titanium – titanium oxide, organic molecules of the atmosphere
TiTi 2017 ford focus titanium Titanium is titanium watch a 룰렛 compound of organic compounds of various sizes. Ti Ti is a compound of organic compounds of various sizes. can titanium rings be resized A solid solid component is titanium nipple barbells made by

Reply
avatar