Monday 6 June 2016

Museum Angkut Malang, Tempat Wisata Seru, Unik, dan Murah

infobacktravel.blogspot.com - Museum Angkut Malang merupakan tempat wisata berkonsep unik yang saat ini sedang populer. Terletak di Kota Wisata Batu, Malang, salah satu tempat wisata di Malang ini memberikan pengalaman baru dan unik dalam mengunjungi sebuah museum.

Malang sebagai kota yang terletak di daerah pegunungan, memiliki hawa sejuk yang tentunya sangat nyaman bagi para wisatawan. Ada banyak pilihan tempat wisata di Malang, mulai dari wisata alam, kebudayaan, dan sejarah. Nah, tempat wisata di Malang yang satu ini memang merupakan sebuah museum. Namun, museum angkut di kemas sedemikian rupa sehingga menjadi menarik.

Museum Angkut Malang

Klik untuk info Tentang Museum Angkut Malang
Tentang Museum Angkut Malang
Sumber: intaninchan.wordpress.com
Tempat wisata sejarah yang dinamakan Museum Angkut Malang ini tergolong masih baru. Pasalnya, museum yang berkonsep unik ini baru dibuka pada tahun 2014, tepatnya tanggal 9 Maret. Dipercaya, Museum Angkut merupakan satu-satunya museum yang mengusung konsep transportasi.

Museum Angkut Malang saat ini dikelola oleh Jawa Timur Park Group. Grup developer ini bisa dikatakan sudah populer di kawasan Jawa Timur, khususnya daerah Malang itu sendiri. Sebut saja tempat wisata di Malang, seperti Jatim Park dan Baru Secret Zoo. Sobat backpacker Indonesia pastilah sudah tak asing dengna tempat wisata tersebut yang ternyata juga dikelola oleh Jatim Park Group.

Museum Angkut yang terletak di Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kecamatan Batu, Jawa Timur ini terbilang unik karena meskipun berjudul museum, kita tak menemukan unsur membosankan di dalamnya. Hal ini karena pengelola mampu mengemas tampilan dan tata letak museum menjadi lebih modern. Jadi, unsur seram dan jadul dari sebuah museum tak akan kita rasakan di sini, malah kita akan merasa seperti berada di studio Hollywood!

Apabila ingin mengunjungi Museum Angkut Malang, kalian dapat berkunjung setiap hari antara pukul 12.00 hingga pukul 20.00 waktu setempat.

Kegiatan di Museum Angkut Malang

Sesuai dengan tema yang diangkat oleh Museum Angkut, sobat backpacker Indonesia bakal menemukan beraneka ragam moda transportasi. Moda transportasi yang ditampilkan tak hanya lintas zaman saja, tetapi juga lintas negara lintas benua. Tak usah heran jika nantinya kita bakal melihat mobil-mobil jadul keluaran eropa ala film mafia di Museum Angkut ini.

Dari berbagai macam sarana transportasi, mulai dari bermotor hingga yang menggunakan hewan, sobat backpacker Indonesia dapat belajar banyak mengenai keanekaragaman transportasi yang dipakai tersebut.

Klik untuk info Movie Star Studio Museum Angkut Malang
Movie Star Studio Museum Angkut Malang
Sumber: sazqueen.com
Hal lain yang dapat kalian lakukan di Museum Angkut Malang adalah berburu foto kece. Dikarenakan tata letak dan tampilan interior Museum Angkut Malang sangat berkelas, banyak spot-spot menarik yang dapat dipakai untuk foto-foto atau selfie. 

Bosan foto-foto? Musuem Angkut Malang juga menyediakan pertunjukkan hiburan yang dapat kalian nikmati. Pertunjukkan ini seringkali diadakan di Movie Star Studio yang terletak di dalam Museum Angkut Malang. Tak jarang juga terdapat parade di jalanan setiap area Museum Angkut Malang.

Apiknya latar buatan yang disiapkan oleh pengelola Museum Angkut Malang menjadikan tempat wisata di Malang ini sering dijadikan lokasi berbagai event. Event tersebut misalnya untuk pameran, kompetisi memodifikasi kendaraan, event perkumpulan tertentu, atau terkadang ada yang memanfaatkannya untuk foto pre wedding.

Area di dalam Museum Angkut Malang

Memiliki area seluas sekitar 4 hektar, Museum Angkut Malang memiliki banyak jenis moda transportasi yang bisa sobat backpacker Indonesia temukan. Uniknya, berbagai sarana transportasi tersebut tak begitu saja diletakkan sembarangan secara acak.

Pengelola Museum Angkut Malang mengelompokkan moda transportasi tersebut ke dalam berbagai area. Area tersebut dibagi berdasarkan lokasi-lokasi di dunia. Yang membuat Museum Angkut Malang semakin unik adalah di setiap area di desain sedemikian rupa agar nuansanya sama dengan lokasi-lokasi di berbagai belahan dunia.

Sebagai contoh area Eropa, maka kita bakal melihat suasana yang menyerupai Inggris lengkap dengan landmark khasnya seperti Buckingham Palace.

Area Gangster dan Broadway

Klik untuk info Area Gangster Museum Angkut Malang
Area Gangster Museum Angkut Malang
Sumber: wikiwisata.com
Area di Museum Angkut Malang satu ini pas buat kalian yang suka sama suasana ala mafia. Sebab, area Gangster dan Broadway ini di desain menyerupai New York kala 1970 saat banyak beredar mafia-mafia di jalanan, sebut saja Al Capone yang terkenal pada waktu itu.

Kendaraan yang ditampilkan di area Museum Angkut Malang yang satu ini juga lekat sekali dengan kesan mafia. Mobil jadul serba hitam, mirip dengna yang ada di film The Godfather.

Area Sunda Kelapa - Batavia Museum Angkut Malang

Areayang cocok buat sobat backpacker Indonesia yang cinta dengan tanah nusantara. Di Area Sunda Kelapa - Batavia Museum Angkut Malang, sobat backpacker Indonesia bakal disuguhkan dengan nuansa Jakarta tempoe doeloe sewaktu masih dijajah oleh pemerintah kolonial Belanda.

Suasana Jakarta tempoe doeloe yang dinamakan Batavia tersebut semakin lengkap dengan adanya miniatur kapal seperti yang ada di Sunda Kelapa serta berbagai bangunan kios bergaya Belanda. Tentunya kalian akan melihat moda transportasi jadul yang dipakai pada masa kolonial tersebut.

Area Uni Eropa Museum Angkut Malang

Klik untuk info Buckingham Palace Museum Angkut Malang
Buckingham Palace Museum Angkut Malang
Sumber: jalan2men.com
Salah satu area yang bisa jadi spot favorit sobat backpacker Indonesia di Musuem Angkut Malang. Area ini menggambarkan beberapa negara yang berada di Eropa, seperti Inggris, Jerman, Italia, serta Prancis.

Yang wajib kalian kunjungi tentu adalah area Inggris yang dihiasi oleh replikas Istana Buckingham lengkap dengan sang Ratu Elizabet nya. Adapun moda transportasi yang bakal kalian temukan di sini adalah kendaraan khas Eropa yang tentunya sangat berkelas. Mulai dari Mini Cooper hingga Rolls Royce bakal sobat backpacker Indonesia temukan di sini.

Area Jepang Museum Angkut Malang

Sudah bukan rahasia lagi apabila Jepang merupakan salah satu produsen transportasi terkemuka di dunia. Di area Jepang Museum Angkut Malang, sobat backpacker Indonesia bakal menemukan beraneka macam sarana transportasi atau kendaraan buatan brand-brand terkenal asal negri sakura tersebut.

Brand tersebut misalnya Honda, Suzuki, hingga Kawasaki. Berbeda dengan area sebelumnya yang berkonsep tempo dulu, area Jepang di Museum Angkut Malang ini lebih mengedepankan memamerkan teknologi dalam bertransportasi.


Area Edukasi Museum Angkut Malang

Tak elok rasanya apabila berkunjung ke Museum namun tak mendapat pengetahuan apa-apa. Nah di area edukasi Museum Angkut Malang ini, sobat backpacker Indonesia bakal menambah wawasan mengenai sejarah perkembangan transportasi di Indonesia bahkan dunia. 

Tak perlu cemas bosan atau jenuh dalam mengunjungi area ini karena pengelola mengatur area edukasi in imenjadi semenarik dan seinteraktif mungkin.

Area Hollywood Museum Angkut Malang

Klik untuk info Area Hollywood Museum Angkut Malang
Area Hollywood Museum Angkut Malang
Sumber: parah1ta.jalanjalanyuk.com
Sobat backpacker Indonesia suka dengan film-film hollywood macam Batman dan Hulk? Kalau iya, area Hollywood ini pas banget buat kalian. Di area Hollywood Museum Angkut Malang, kalian bakal menemukan replika kendaraan yang dipakai di film film hollywood.

Sebut saja Batmobile yang digunakan oleh Batman hingga kendaraan Mistery Machine yang ada di film Scooby-Doo. Nah yang unik lagi di sini adalah adanya patung karakter Hulk. Patung Hulk yang ada di Museum Angkut Malang dibangun dari berbagai macam spare part kendaraan. 

Tak lupa juga, terdapat area yang sudah populer di dunia, yaitu bukit dengan tulisan "Hollywood" juga tersedia di Museum Angkut Malang.

Tempat Wisata di Sekitar Museum Angkut Malang

Di dekat Museum Angkut Malang, sobat backpacker Indonesia dapat menemukan destinasi wisata alternatif lainnya. Jadi, apabila kalian berkunjung ke Museum Angkut Malang, kalian tak hanya mendapat satu tempat wisata saja, tetapi bisa sekaligus mengunjungi dua tempat wisata lainnya yang juga menarik.

Museum D'Topeng

Salah satu tempat wisata yang masih berada dalam satu kawasan dengan Museum Angkut Malang adalah Museum D'Topeng. Sejalan dengan namanya, di dalam museum ini sobat backpacker Indonesia bakal menemukan ribuan jenis topeng yang berasal dari seluruh wilayah nusantara.

Menarik bukan? Ibaratnya kita dapat menjelajah Indonesia dengan melihat beraneka ragam daerah di Indonesia melalui kesenian topeng, mulai dari Pulau Jawa hingga Papua.

Tak hanya sebatas topeng yang ditampilkan di museum dekat Museum Angkut Malang ini, ttetapi kalian juga dapat melihat kerajinan keramik, wayang, bahkan Al-Quran yang berumur ratusan tahun lamanya.

Pasar Apung Nusantara

Klik untuk info Pasar Apung Nusantara Museum Angkut Malang
Pasar Apung Nusantara Museum Angkut Malang
Sumber: infojalanjalan.com
Bila kalian merasa lapar, tak perlu cemas karena kalian bisa menyantap hidangan kuliner tradisional di Pasar Apung Nusantara. Pasar ini memang mirip sekali dengan Pasar Apung yang berada di Balikpapan dimana kita melakukan transaksi dari atas perahu yang mengapung di sungai.

Pasar Apung yang terletak di kawasan Museum Angkut Malang ini selain menyediakan kuliner juga menyediakan aneka kerajinan dan kesenian. Sebut saja lukisan yang dapat kalian beli untuk oleh-oleh.

Tiket Masuk Museum Angkut Malang

Harga tiket masuk Museum Angkut Malang relatif terjangkau, apalagi tersedia paket wisata di kawasan ini. Untuk tarif Museum Angkut Malang, bisa dilihat list berikut:

  1. Senin - Kamis : Rp 50.000
  2. Jumat - Minggu : Rp 75.000
Paket wisata terusan Museum Angkut Malang dan Museum D'Topeng:

  1. Senin - Kamis : Rp 60.000
  2. Jumat - Minggu : Rp 85.000

Murah bukan? Apalagi jika kita membeli tiket terusan pastinya tak akan rugi karena kita bisa sekaligus mengunjungi tempat wisata recommended di Malang.

Sangat menarik bukan? Jadi, tunggu apalagi. Segera sempatkan diri kalian berkunjung ke Museum Angkut Malang, sebuah museum transportasi terbesar di Asia Tenggara! Simak juga ulasan mengenai Panduan Wisata Pulau Tidung Ala Backpacker Indonesia.

Artikel Terkait

Museum Angkut Malang, Tempat Wisata Seru, Unik, dan Murah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 comments