Thursday 12 May 2016

Pantai Sawarna Banten, Panduan dan Tips Lengkap Menuju Lokasi Pantai Sawarna

Klik untuk Panduan dan Tips Lengkap Berwisata Ke Pantai Sawarna
Panduan dan Tips Lengkap Berwisata Ke Pantai Sawarna
infobacktravel.blogspot.com - Pantai Sawarna Banten, Panduan dan Tips Menuju Lokasi Pantai Sawarna. Akhir-akhir ini, banyak traveler yang sudah mendengar kata "Sawarna". Sebetulnya, Sawarna merupakan sebuah nama desa di Lebak Banten. Secara spesifik, Desa Sawarna merupakan desa wisata sehingga para traveler akan menemukan beragam kegiatan wisata di tempat yang satu ini. Salah satu kawasan wisata yang berada dekat dengan Desa Sawarna adalah Pantai Sawarna. Pantai yang menawarkan keindahan pariwisata alam Banten ini memiliki pesona alam yang masih alami. Pasalnya, pantai yang terbilang masih tersembunyi ini masih jarang disambangi oleh traveler.

Nikmati Kesempurnaan Alam Pantai Sawarna Banten

Dikarenakan lokasinya yang cukup terpencil dan tersembunyi, menjadikan Pantai Sawarna Banten sebagai salah satu destinasi utama dalam berpariwisata di ujung barat Pulau Jawa. Pantai Sawarna memiliki garis pantai yang cukup panjang, yakni sekitar 65 km. Garis pantai yang panjang tersebut kemudian ditunjang dengan indahnya kemilau pasir putih dan dikelilingi oleh perbukitan hijau. Sebuah pantai tentunya tak lengkap tanpa ombak. Keseruan di Pantai Sawarna Banten adalah ombaknya yang kencang dan tinggi sehingga cocok apabila digunakan untuk olahraga berselancar atau surfing.

Klik untuk info Pantai Sawarna Homestay
Pantai Sawarna Homestay
Seperti yang telah disinggung di awal, lokasi Pantai Sawarna Banten terbilang cukup terpencil. Oleh sebab itu, fasilitas yang ada di tempat wisata Banten ini tak begitu lengkap. Misalnya, dari segi fasilitas kamar kecil atau toilet. Di tempat ini, jarang ditemui adanya kamar kecil sehingga Anda perlu sering-sering buang hajat apabila bertemu toilet. Selain keterbatasan toilet umum, fasilitas penunjang keuangan Anda (baca ATM) pun tentu sulit ditemukan berhubung lokasi pantai Sawarna ini jauh dari perkotaan. Namun terlepas dari keterbatasan fasilitas umum di Pantai Sawarna tersebut, Anda tak perlu khawatir apabila berkaitan dengan tempat menginap. Di salah satu tempat wisata alam Banten ini, terdapat berbagai macam pilihan homestay dengan harga yang relatif murah. Adapun harga nya berkisar antara 100 ribu/orang untuk non ac hingga 200 ribu/orang untuk kamar ber ac. Plus dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan makan meliputi makan pagi, siang, dan malam.

Rute dan Lokasi Pantai Sawarna Banten

Lokasi Pantai Sawarna terbilang cukup jauh dan terpencil. Adapun jarak detail dengan kota terdekat, yakni Kota Rangkasbitung adalah sejauh 150 Km. Apabila dari Jakarta, total jarak yang harus Anda tempuh untuk dapat mencapai Pantai Sawarna adalah 270 Km dengan 7 jam lama perjalanan. 

Klik untuk info Rute Lokasi Pantai Sawarna Banten
Rute Lokasi Pantai Sawarna Banten
Untuk dapat menuju ke lokasi Pantai Sawarna Lebak Banten, bla Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat rute timur atau rute barat. Rute timur dapat ditempuh menggunakan tol Jakarta Bogor Ciawi (tol Jagorawi) kemudian melewati daerah Ciawi lanjut ke Cibadak, teruskan perjalanan menuju kawasan Pelabuhan Ratu hingga akhirnya sampai di Pantai Sawarna.

Adapun rute alternatif yang dapat Anda lalui untuk sampai ke lokasi Pantai Sawarna Banten adalah melalui rute barat. Rute barat mengambil jalur melewati tol Merak kemudian keluar di Serang Timur, lanjut ke daerah Pandeglang hingga Gunung Kencana, kemudian ambil rute ke Malingping hingga melewati Bayah sampai pada akhirnya tiba di Pantai Sawarna Banten. Rute terbaik sampai sejauh ini adalah rute lewat timur karena penerangan serta kondisi jalan pada rute tersebut lebih memadai.


Apabila Anda malas membawa kendaraan, Anda juga dapat mengunjungi lokasi Pantai Sawarna Banten dengan menggunakan kendaraan umum. Anda cukup menaiki bus antar kota antar provinsi dengan jurusan Pelabuhan Ratu. Sesampainya di Pelabuhan Ratu, Anda harus melanjutkan perjalanan ke arah Pantai Sawarna menggunakan ankutan berjenis Elf. Sebaiknya Anda berangkat lebih pagi apabila menggunakan kendaraan umum. Pasalnya, kendaraan umum menuju lokasi wisata Pantai Sawarna terbatas hanya sampai pukul 5 sore.

Nah, itu tadi panduan dan tips lengkap seputar berwisata ke Pantai Sawarna. Meskipun lokasi wisata alam Banten ini terletak di sekitar Kota Jakarta dan cocok untuk tempat berlibur akhir pekan bersama keluarga, ada baiknya Anda memilih untuk berlibur lebih dari 1 hari. Hal ini karena kondisi jalan yang sulit untuk dilalui pada malam hari dan juga dapat menyebabkan Anda tak bisa benar-benar menikmati keindahan alam Pantai Sawarna. Happy backpacking guys!


Artikel Terkait

Pantai Sawarna Banten, Panduan dan Tips Lengkap Menuju Lokasi Pantai Sawarna
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email