Friday 1 January 2016

Hot! Belum Sah Liburan di Bali Kalau Belum Mengunjungi Pulau Menjangan

Klik untuk Melihat Belum Sah Liburan di Bali Kalau Belum ke Pulau Menjangan
Belum Sah Liburan di Bali Kalau Belum ke Pulau Menjangan
infobacktravel.blogspot.comBelum Sah Liburan di Bali Kalau Belum Mengunjungi Pulau Menjangan - Banyak pilihan namun belum afdol kalau belum ke Pulau Menjangan. Kalimat tersebut adalah kalimat yang pas ditujukan kepada sobat atau wisatawan lainnya yang pernah berkunjung ke Bali, tetapi belum pernah merasakan indahnya Pulau Menjangan. Dikutip dari laman Wikipedia, Pulau Menjangan merupakan pulau kecil yang terletak di 5 mil barat laut pulau Bali dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. "Menjangan" dalam bahasa setempat berarti "rusa / kijang" dikarenakan pulau ini di huni kawanan rusa atau kijang liar. Untuk menuju ke Pulau menjangan kita pergi ke Pelabuhan Banyuwedang, Pelabuhanya letaknya bersebelahan dengan Mimpi Resort.

Keindahan Panorama Pulau Menjangan

Pulau Menjangan merupakan pulau kecil yang terpisah dari Pulau Bali itu sendiri. Meskipun terpisah, namun keindahannya tidak kalah dari beberapa tempat wisata di Bali lainnya. Malahan, panorama sekitar kawasan Pulau Menjangan jauh lebih mempesona dibandingnkan pantai-pantai mainstream di Bali. Sebut saja keindahan lautannya. Dari atas kapal saja, kita bisa melihat betapa jernih dan birunya lautan sekitar Pulau Menjangan ini. Laut serta langit biru yang cerah menjadi perpaduan yang pas kala sobat backpackers menaiki perahu menuju Pulau Menjangan. 

Klik untuk Melihat Kapal Menuju Pulau Menjangan
Kapal Menuju Pulau Menjangan
Pulau Menjangan merupakan pulau yang terkenal dengan lokasi diving. Hal ini karena Pulau Menjangan Bali juga memiliki panorama bawah laut yang tak kalah indahnya dengan pemandangan bawah laut di perairan Bunaken ataupun Raja Ampat. Karena keindahan alam bawah lautnya itulah, Pulau Menjangan terkenal dan menjadi tempat favorit dikalangan para penyelam atau diver. Bagi sobat yang tak berniat menyelam, tak perlu khawatir karena sobat bisa snorkeling juga di tempat ini. 

Selain keindahan lautnya, Pulau Menjangan juga menawaekan eksotisme pemandangan yang unik di daratan Pulau Menjangan Bali itu sendiri. Memang sebetulnya tanah dan kawasan di Pulau Menjangan ini sangat kering dan panas, bahkan tanahnya bisa dibilang berpasir sehingga cukup menghasilkan debu. Namun, suasana tersebutlah yang justru menjadikan Pulau Menjangan sebagai destinasi wisata di Bali yang unik. Jika dicermati, kawasan di Pulau Menjangan akan sangat mirip dengan padang savana di Afrika. Selain itu, di Pulau Menjangan terdapat beberapa bangunan Pura. Adapun Pura yang paling unik di sini adalah Pura dengan Patung Ganesha yang cukup besar. Patung besar berwarna putih tersebut bahkan bisa sobat saksikan dari laut ketika masih menaiki kapal.

Klik untuk Melihat Pura di Pulau Menjangan
Pura di Pulau Menjangan
Untuk dapat menuju Pulau Menjangan, apabila sobat start dari Pelabuhan Gilimanuk, naiklah angkot dengan jurusan Singaraja kemudian turunlah di Labuhan Lalang. Tarif angkot dari Gilimanuk ke Labuhan Lalang dipatok Rp 10.000. Dari Labuhan Lalang, sobat perlu naik kapal kecil bermotor. Adapun harga yang ditawarkan oleh pengelola setempat untuk penyewaan kapal adalah Rp 1.300.000/10 orang. Cukup mahal memang. Namun, apabila sobat menginginkan harga yang lebih murah, sobat bisa menuju ke Banyuwedang menggunakan angkot yang sama. Letak penyeberangan Banyuwedang ini lebih jauh daripada Labuhan Lalang. Selain itu, sobat mesti jalan kaki cukup jauh kurang lebih 3 Km dari jalan utama. Hal ini dikarenakan letak Penyeberangan Banyuwedang terdapat di dalam resort. Adapun tarif yang ditawarkan untuk perahu dan snorkeling, harga yang pernah admin dapatkan adalah Rp 670.000/4 orang.

Snorkeling di Pulau Menjangan

Apabila menyewa peralatan snorkeling di Banyuwedang, yang sobat dapatkan adalah kacamata snorkeling dan kaki katak saja. Untuk lifejacket tidak disediakan, namun sobat bisa menggunakan pelampung bulat. Perjalanan dari Banyuwedang menuju spot snorkeling kurang lebih 15 menit. Sesampainya di spot snorkeling, sobat backpackers dapat dengan leluasa mengeksplore keindahan bawah laut Pulau Menjangan. Arus disekitar Pulau Menjangan sangat tenang sehingga sobat dapat dengan santai melihat terumbu karang serta ikan-ikan dengan beraneka ragam warna. Jangan lupa untuk membawa kamera underwater mu agar bisa mengabadikan momen yang sayang untuk dilewatkan ini.

Klik untuk Melihat Patung Ganesha Pulau Menjangan
Patung Ganesha Pulau Menjangan
Selama kurang lebih 30 menit waktu snorkeling sobat di spot yang pertama. Setelah itu, sobat akan diajak untuk mendarat di Pulau Menjangan sekaligus beristirahat. Manfaatkan waktu istirahat ini untuk menjelajah Pulalu Menjangan dan berfoto ria. Spot yang wajib kamu foto di Pulau Menjangan adalah Patung Ganesha berwarna putih besar, Pura, dan dermaga di Pulau Menjangan. Kurang lebih 1 jam beristirahat di Pulau Menjangan, sobat kemudian akan di bawa lagi ke spot snorkeling selanjutnya yang masih di sekitar Pulau Menjangan. Diakhir kegiatan snorkeling, sobat dapat membersihkan diri di basecamp pengelola resort tersebut. Tempatnya cukup bersih dan lengkap dengan showernya.

Tips Berwisata di Pulau Menjangan

Berikut ini tips singkat untuk sobat backpacker yang ingin berwisata ke tempat wisata di Bali yang masih tersembunyi ini.

1. Pakailah Sunblock

Bawa dan pakai sunblock adalah hal wajib yang mesti kamu lakukan. Sinar matahari di Pulau Menjangan sangat terik dan menyengat, terlebih lagi apabila snorkeling maka dapat dipastikan kulit kamu akan menghitam. Untuk mengatasi hal tersebut, memakai sunblock adalah pilihan yang tepat untuk melimndungi kulit kamu dari paparan sinar matahari. Perlu diingat juga, pakailah sunblock 30 menit sebelum terjun ke air.

2. Bawa Kamera Underwater

Bagi kamu yang hobi selfie atau fotografi, maka salah satu tempat wisata di Bali yang satu ini akan sangat sayang bila tidak diabadikan oleh lensa kameramu. Karena adanya keindahan yang mempesona di bawah laut pulau ini, maka kamera underwater adalah barang yang wajib kamu bawa. Sebetulnya pihak pengelola juga menyiapkan kamera underwater namun pastinya kamu akan merogoh kocek kembali untuk menyewa kamera tersebut. Dengan membawa kamera sendiri, sobat backpackers dapat dengan puas berselfie ria di taman bawah laut di pulau yang sering menjadi tempat sembahyang umat Hindu.

3. Tas Kecil Serbaguna

Sebelum berangkat menuju ke spot snorkeling atau diving, sobat backpackers perlu menitipkan barang-barang bawaan sobat di basecamp. Tentunya barang-barang berharga sobat perlu dibawa agar memastikan barang tersebut tidak ada yang nyolong. Oleh karena itu, sobat perlu tas yang ukurannya tidak terlalu besar guna meletakkan barang-barang berharga sobat, seperti handphone dan dompet, ketika akan ke Pulau Menjangan. Tas dengan ukuran kecil sangat membantu sobat dalam perjalanan ke spot snorkeling karena sobat juga bisa membawa sunblock di dalam tersebut. 

4. Sebaiknya Bawa Makan Siang

Klik untuk Melihat Dermaga Pulau Menjangan
Dermaga Pulau Menjangan
Sebetulnya bukan hal yang wajib bagi sobat untuk membawa makan siang, namun ada baiknya untuk dibawa. Hal ini karena ada waktu istirahat yang diberikan untuk sobat setelah snorkeling di spot yang pertama. Apabila dirasa terlalu repot membawa makanan yang berat, sobat bisa saja membawa makanan ringan seperti sandwich atau cemilan lainnya. Gunakan waktu isitrahat sobat untuk makan bekal karena tentunya snorkeling akan menghabiskan tenaga sobat.

5. Sabun, Shampo, Handuk Barang Wajib

Sehabis snorkeling dan berenang-renang lucu di laut, pastinya sobat backpackers perlu membilas guna membersihkan diri. Untuk itu, barang yang wajib di bawa agar badan kamu betul-betul bersiih dari air laut adalah sabun dan shampo. Jangan lupa juga untuk membawa handuk yang besar agar kamu dapat dengan leluasa menutupi tubuh serta mengeringkan tubuh sehabis mandi.


Nah itu tadi beberapa informasi terkait serunya berwisata ke Pulau Menjangan serta tips-tips singkatnya. Siap untuk memulai petualangan baru yang berbeda melalui panorama bawah laut Pulau Menjangan? Happy backpacking!

Artikel Terkait

Hot! Belum Sah Liburan di Bali Kalau Belum Mengunjungi Pulau Menjangan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email