Friday 3 June 2016

Backpacker Ke Taman Nasional Baluran, Afrika nya Indonesia

infobacktravel.blogspot.com - Taman Nasional Baluran sangat recommended buat sobat backpacker Indonesia yang berjiwa petualang. Hamparan padang savana yang luas berlatarkan gunung menambah pesona taman nasional yang dijuluki Africa Van Java ini.

Tempat wisata di Indonesia yang satu ini memang memiliki bentangan alam yang jika diamati mirip betul dengan hamparan padang rumput yang ada di Afrika. Savana yang luas, pepohonan yang tumbuh jarang-jarang, berlatarkan gunung dan terdapat hewan yang berkeliaran bebas. Keren banget pastinya!

Nah dikatakan recommended untuk kamu yang berjiwa petualang karena memang kita dimungkinkan untuk menjelajah di kawan wisata di Jawa Timur ini. Apalagi, memungkinkan bagi wisatawan untuk bermalam menggunakan tenda di Taman Nasional Baluran.

Buat kamu yang ingin backpacker an ke Taman Nasional Baluran, langsung saja kita simak panduan dan tips lengkap backpackeran ke Taman Nasional Baluran berikut


Tentang Taman Nasional Baluran

Klik untuk info Backpacker Taman Nasional Baluran
Backpacker Taman Nasional Baluran
Sumber: anekatempatwisata.com

Taman Nasional Baluran merupakan kawasan yang mayoritasnya ditutupi oleh padang rumput, yakni sekitar 40 persen dari total area keseluruhan. Padang rumput yang karakteristiknya pendek-pendek atau lebih dikenal dengan nama savana ini merupakan yang terluas loh di Pulau Jawa. Tak heran kawasan ini disebut sebagai Afrika di Indonesia karena bentangan alamnya yang mirip dengna Afrika.

Tempat wisata di Jawa Timur ini tak hanya sekedar padang savana saja, tetapi juga terdapat aneka ragam hewan yang bertempat tinggal di Taman Nasional Baluran. Adalah hal yang sudah biasa apabila kalian melihat kawanan rusa yang sedang berlarian, gajah yang sedangminum dari sumber mata air, hingga kawanan monyet di pohon.

Taman Nasional Baluran bisa dikatakan memiliki aneka ragam spesies makhluk hidup. Bila di rinci, taman nasional favorit di Indonesia ini memiliki sekitar 400 jenis tumbuhan, 26 spesies mamalian, dan 150 jenis unggas atau burung.

Dari segi suhu dan iklim, Taman Nasional Baluran rata-rata memiliki suhu 27 derajat celcius hingga 30 derajat celsius. Tak heran karena memang iklim di kawasan ini adalah tergolong iklim kering. Jadi, jangan lupa untuk membawa banyak persediaan air minum ya apabila sobat backpacker Indonesia berkunjung ke sini.

Seperti di jelaskan sebelumnya, vegetasi mayoritas di Taman Nasional Baluran adalah padang rumput yang mencakup sekitar 40 persen. Untuk area sisanya yang sebesar 60 persen, merupakan area yang terdiri atas hutan mangrove, hutan pantai, hutan musim, hutan rawa, hutan hijau, dan hutan pegunungan bawah.


Lokasi Taman Nasional Baluran

Secara garis besar, Taman Nasional Baluran terletak di ujung timur Pulau Jawa. Sudah tentu karena berada di timur Pulau Jawa, Taman Nasional Baluran masuk ke dalam wilayah tempat wisata di Jawa Timur.

Secara lebih men detail, Taman Nasional Baluran berlokasi di empat kota administratif sekaligus, yakni kawasan Banyuwangi, Situbondo. Banyuputih dan Wongsorejo.

Letaknya yang berada di kawasan Jawa Timur, menjadikan Taman Nasional Baluran juga dikelilingi oleh gunung tertinggi di Pulau Jawa, yakni Gunung Semeru. Selain Semeru, tempat wisata taman nasional ini juga bersampingan dengan Gunung Ijen yang terkenal dengan kawah blue fire nya. Nah tak hanya itu, ternyata Taman Nasional Baluran pun memiliki gunung yang berdiri tegap di tengah-tengah kawasannya. Gunung tersebut bernama Gunung Baluran.

Cara Ke Taman Nasional Baluran

Setelah sebelumnya telah diketahui lokasi Taman Nasional Baluran ini, saatnya kini kita memikirkan bagaimana cara untuk menuju ke sana, salah indikator pentingnya adalah menggunakan moda transportasi apa.

Apabila sobat backpacker Indonesia adalah wisatawan yang sudah beranda di Jawa Timur, kalian bisa menempuh rute Banyuwangi - Batangan - Bekol dengan total jarak yang perlu kalian lewati sekitar 47 km. Jalur alternatifnya kalian bisa tempuh melalui  Situbondo - Batangandengan, tetapi dengan jarak yang lebih jauh yakni 60 km.

Klik untuk info Visitor Centre Taman Nasional Baluran
Visitor Centre Taman Nasional Baluran
Sumber: setapakkecil.com
Apabila sobat backpacker Indonesia adalah wisatawan dari luar Jawa Timur, patokan utama untuk menuju Taman Nasional Baluran adalah kalian perlu menuju Surabaya terlebih dahulu.  Dari Kota Pahlawan, kalian dapat mengambil rute melalui Kota Pasuruan - Probolinggo - Situbondo - Banyuputih.

Dari Banyuputih, kalian melanjutkan perjalanan menuju Taman Nasional Baluran melalui rute ke arah Desa Bilik - Desa Wongosorejo hingga ada penunjuk jalan yang menginformasikan adanya visitor centre. Ikuti saja terus rutenya hingga sampai ke pusat pengunjung tersebut.

Meskipun terletak di ujung timur Pulau Jawa, infrastruktur jalan untuk menuju Taman Nasional Baluran dapat dikatakan sangat apik. Jalannya sudah di aspal rapi dan tak berlubang. Jadi, sobat backpacker Indonesia tak perlu cemas akan mengalami medan yang ekstrim. Namun, untuk menambah kenyamanan kalian, sebaiknya menggunakan kendaraan besar jenis SUV atau Jeep.


Aktivitas di Taman Nasional Baluran

Nah ini jadi salah satu hal yang penting untuk kalian cermati. 

Aktivitas apa saja sih yang bisa kita lakukan di Taman Nasional Baluran?

Berlibur ke Taman Nasional Baluran lantas tak menjadikan aktivitas kalian hanya sekedar melihat-lihat satwa. Yuk langsung simak saja keseruan yang dapat sobat backpacker Indonesia lakukan.


Menikmati Sunrise/Sunset di Taman Nasional Baluran

Klik untuk info Sunrise Taman Nasional Baluran
Sunrise Taman Nasional Baluran
Sumber: indonesiana.merahputih.com
Salah satu keindahan yang ditawarkan oleh Taman Nasional Baluran adalah keindahan panorama alamnya saat terbitnya sang fajar. Waktu yang tepat untuk melihat keindahan sunrise adalah pada rentang pukul 04:00 - 05:00. Selain udaranya masih fresh dan sejuk, pesona sunrise juga akan lebih terlihat pada jam-jam ini.

Nah buat sobat backpacker Indonesia yang ingin menikmati sunrise, spot terbaik adalah di Pantai Bama. Yup betul, di dalam Taman Nasional Baluran juga terdapat pantai loh lengkap dengan hutan mangrove nya. Sembari menikmati kehangatan suasana sunrise, jangan lupa untuk mengabadikan momen ini dengan kamera. Kalian bakal mendapat hasil foto yang ciamik.

Trekking Menjelajahi Taman Nasional Baluran

Fauna Taman Nasional Baluran
Sumber: m.tempo.co
Puas bersantai-santai menikmati pemandangan di kala matahari terbit, saatnya untuk memulai petualangan dengan mengeksplor Taman Nasional Baluran. Untuk menambah nuansa petualangan, sebaiknya dobat backpacker Indonesia melakukan trekking dengan berjalan kaki. Cobalah untuk menjelajahi padang savana sambil sesekali mengambil gambar.

Snorkeling di Taman Nasional Baluran

Bosan melihat padang savana? Di Taman Nasional Baluran kalian bisa mencoba menjelajahkawasan perairannya. Sewalah sebuah perahu yang memang disediakan untuk di sewa di pinggiran pantai Bama. Nah asiknya lagi, tak hanya berkeliling lautan saja, kalian juga bisa loh mencoba snorkeling di Taman Nasional Baluran. Tentunya akan ada aneka ragam biota laut yang tak kalah cantik dengan Taman Laut Bunaken.


Nah itulah tadi panduan lengkap ala backpacker Indonesia buat kalian yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Baluran Banyuwangi. Sedikit tips untuk teman-teman:

  1. Untuk bermalam di Taman Nasional Baluran, bisa menggunakan tenda dan mendirikannya di camping ground
  2. Bawalah perbekalan yang cukup (makanan dan minuman) karena di sini jelas tak ada warung yang menyediakan perbekalan atau makanan. Bawalah air minum yang banyak mengingat iklim di Taman Nasional Baluran tergolong kering
  3. Bawalah trash bag supaya kalian tak mengotori lingkungan Taman Nasional Baluran
  4. Gunakanlah sunblock dikarenakan lokasinya yang padang savanna menjadikan minim lokasi rindang.

Semoga tips dan panduan yang mencakup gambaran umum Taman Nasional Baluran hingga cara menuju ke tempat wisata di Jawa Timur tersebut memberikan manfaat ya bagi sobat. Simak juga tempat wisata di Indonesia lainnya Tempat Wisata di Kediri Paling Recommended Buat Backpacker Indonesia.

Artikel Terkait

Backpacker Ke Taman Nasional Baluran, Afrika nya Indonesia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 comments

1 July 2020 at 19:36 delete

Awww thank you! I really appreciate your response! Semoga ya bisa terus nulis tiap bulan hehe. Makasih makasih


Paket Wisata Kawah Ijen

Reply
avatar